Pompeii, Kota Sisa Peradaban Imperium Romawi yang Masih Tersisa

Sejarah dan cerita masa lalu selalu memiliki dampak ikatan emosional yang kuat pada generasi berikutnya. Meski hanya mengetahuinya lewat buku, film, panggung opera, hingga cerita-cerita fiksi yang semuanya mengisahkan dan menggambarkan keadaan dan peristiwa sejarah masa lalu.

Keinginan untuk menyaksikan langsung suasana juga peristiwa yang terjadi di masa lalu jelas belum memungkinkan bagi kita yang hidup di zaman modern ini, kecuali jika nanti mesin waktu berhasil diketemukan. Masih belum memungkinkan untuk kita bisa melihat sejarah dari sudut pandang kita sendiri. Mengungkap secara langsung apa yang selama ini masih menjadi misteri dan konspirasi dunia. Kita hanya bisa melihat hal-hal tersebut melalui jejak sejarah.


Salah satunya adalah Pompeii, yang merupakan sebuah kota berperadaban tinggi di zaman Romawi kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Terletak di wilayah Italia, Pompeii terkubur akibat letusan gunung Vesuvius ribuan tahun lalu, namun sekarang Anda masih bisa melihat keadaan kota tersebut setelah kota yang terkubur tersebut digali dan diketemukan.. Meski terkubur dalam selimut tebal abu dan lava, Pompeii telah berhasil tetap utuh selama sekitar 1700 tahun. Pompeii adalah kota yang sangat makmur & sejahtera, kehidupan sehari-hari masyarakatnya adalah dengan berdagang, beribadah, juga melalui hiburan dimana unsur erotisme sangatlah kuat dalam kultur masyarakat Pompeii.

Semua ini, bahkan sampai sekarang, kita masih dapat menyaksikan suasana kota tersebut di situs arkeologi Pompeii, persis seperti Anda sedang berada di masa tersebut. Keadaan kota Pompeii setelah terkubur nyaris tidak berubah dari keadaan aslinya. Anda bisa mengunjungi pasar kuno, seperti, Macellum, teater dan ampiteater yang diperuntukkan untuk menampilkan berbagai macam pertunjukan, kuil dan juga rumah bordil untuk sarana prostitusi.


Yang menarik dari tempat ibadah mereka adalah Kuil Apollo, Kuil Doric dan Kuil yang dipersembahkan untuk Venus, sang dewi kecantikan dan kesuburan, yang bersama-sama dengan Kuil Isis dan Jupiter yang juga merupakan salah satu dari temuan-temuan penting.


Penelusuran dari situs Pompeii memungkinkan Anda untuk melihat hampir keseluruhan kota tersebut. Perencanaan tata ruang kota itu sendiri sungguh mengagumkan. Dari jalan-jalan ke spa, jalur pemakaman, tempat ini memperlihatkan betapa majunya peradaban Romawi saat itu.

Yang paling menarik, terdapatnya villa-villa dan bangunan yang dibangun di luar kota dengan panorama yang sangat indah, berlokasi di Nobles. Sebagian besar villa ini terletak cukup jauh dari pusat kota Pompeii. Yang paling dekat dan paling bagus adalah Villa of the Mysteries, yang ditemukan pada awal abad 20 dan memiliki banyak lukisan dinding yang rutin dikunjungi oleh sebanyak dua juta pengunjung setiap tahunnnya, reruntuhan Pompeii sangat popular dan dikagumi karena mereka merupakan gambaran nyata dari kehidupan zaman Imperium Romawi kuno.